Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BITX SSB transceiver Multiband

Saat ini Bitx Transceiver sangat populer di kalangan homebrewer, banyak sekali model-model baru hasil modifikasi dan mempunyai kwalitas yg lebih baik dari versi originalnya. Namun terkadang modifikasi hanya pada 1band saja atau 2 band.

Nah kali ini saya akan membuat bitx yang sudah Allband dengan penggabungan sebuah vfo/bfo si5351 STM32F103C8T6 dan bpf dalam 1board. Dalam desain layout saya juga sisipkan Mixer ADE-1 untuk bisa anda test agar hasil bisa maksimal.

Berikut skematiknya :


Ukuran Layout 137 X 117cm dengan pcb double layer , dan nantinya bisa di hubungkan ke Linear Amplifier agar bisa Mancar . Linear sesuka anda mau menggunakan irex, atau lainnya gak masalah .



tanggal 28 juni pcb datang dan siap di solder , pertama kali test bagian dds vfo , secara umum lancar dan berfungsi dengan baik , out Si5351 saya ukur dengan frequency counter . selanjutnya bagian receiver .                           
# Bagian DDS VFO Okey
Bagian RX meliputi Audio Amplifier, Product detector , if amplifier , balance mixer dan rx amplifier. Pengetesan ada sedikit kendala saat pertama kalai dinyalakan led TX langsung nyala , ternyata ada jalur ptt yang short , di cek lagi pada skema dan layout ada salah gambar . Perbaikan hanya potong jalur saja sudah selesai. Masalah kedua ternyata RX sangat kecil , volume harus maksimal baru terdengar teman kita yg sedang QSO , dari sini RX sudah bisa hanya saja suara Kecil. Cek lagi skema dan layout , ada beberapa Resistor bagian pre Audio dan IF amplifier nilai nya salah . Barulah setelah di ganti RX bisa normal seperti yang di harapkan . Cek di video, BPF belum terpasang sehinnga masih banyak noise yg ikut serta. Transistor menggunakan 2N3904 , dan khusus RX amplifier menggunakan C2570.

Video: 

First QSO 40m Band 


 QSO pagi dengan YB3LUN



Semua berjalan baik , tinggal membuat LPA dan box yang sesuai untuk bitx ini

Bitx dengan Transistor Final RD16HHF1

Schematic for BITX pdf file

PCB from PCBWay

4 comments for "BITX SSB transceiver Multiband"

  1. Ditunggu cetakan PCB dan Kitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om , nanti segera di update kalau sudah siap

      Delete
  2. Karya anak bangsa yang patut di apresiasi ...sukses sll salam kenal dari kota Samarinda Kaltim

    ReplyDelete