Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DDS VFO allband LCD 16X2 Si5351

DDS VFO allband LCD 16X2  by ut3mk sangat cocok untuk berbagai model radio homebrewBitx, ne602, MC1496 , Spectra , TA7358 ataupun Radio tua /Radio Channel FT-180A, Furuno dan lain-lain. Menggunakan Arduino Nano sebagai controlnya ,display berukuran 16x2 dan Si5351 sebagai Clock Generator. Berikut adalah skemanya :


Pada beberapa kali pembuatan , VFO ini saya pasangkan pada Radio Yaesu FT-180A ,bitx ,dan Radio CB dengan hasil yang memuaskan . Ada juga rekan breaker dari Kota saya yang dipakai untuk Pemancar AM pada frequency 4Mhz dengan system PWM pada Transmitternya dengan hasil yang cukup baik . 

Biaya untuk pembuatan VFO ini cukup terjangkau dan yang terpenting komponen sangat mudah di dapatkan di pasaran . Oleh karena itu VFo ini layak untuk anda coba dan saya sertakan juga Layout pcbnya untuk anda test , atau anda kembangkan sesuai keinginan anda 


Sebelum memulai perakitan sebaiknya persiapkan komponen nya terlebih dahulu yang dibutuhkan sesuai skema diatas. Untuk ic Si5351 saya desain menggunakan adapter 10pin agar mudah perakitannya. 
Pengetesan saya lakukan pada Radio 27Mhz saya dan kalibrasi frequency cukup mudah ,hanya dengan mengatur nilai corref pada menu setting . Video ada di bagian bawah.





PCB Layout : Google Drive
Firmware : Google Drive

Terimakasih , Selamat bereksperimen 



Source = UT3MK


Post a Comment for "DDS VFO allband LCD 16X2 Si5351"