Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ecohome Stand mixer ESM-999 Hanya Nyala 5 Detik

 Artikel berikut merupakan pengalaman saya memperbaiki  Stand mixer Ecohome ESM-999 (kitchen mixermilik saudara yang mutar hanya 5 detik lalu berhenti , putarannya pun langsung kencang tidak sesuai speed yang ada pada tombol kontrol. Kalau dilihat harga nya di Marketplace cukup mahal juga sekitar 2,5jt . sayang kalau gak diperbaiki.

Hanya dengan Modal Obeng  Pengecekan dan pembongkaran segera dimulai untuk mencari masalah yang sedang terjadi . Akhirnya saya mencurigai beberapa komponen yang kemungkinan bermasalah , seperti TRIAC ,IC Control speed dan Hall effect sensor .

Sebelum penggantian beberapa bagian saya solder ulang yang sekiranya menjadi penyebabnya , sampai dengan mencoba ganti TRIAC ( harganya 5ribuan) yang di curigai sudah lemah. Ternyata sama saja , masalah belum teratasi . padahal kopinya sudah habis 2 cangkir.....

Akhirnya sampai pada membongkar bagian Motor . Untuk membuka Bagian ini cukup menyita waktu ,karena ada bagian Skrup yang agak terjepit bagian lain . Selanjutnya Mengecek Bagian Hall Effect Sensor yang menempel pada motor dekat Kipas pendingin .

letak Hall Sensor


Dari penelusuran bagian ini didapat bahwa jalur 5V yang ke Hall sensor putus dengan pengecekan menggunakan AVOmeter , tanpa pikir panjang segera kita perbaiki dan merapikan lagi . Alhasil Mixernya bisa Normal kembali , sueneng rasanya ....

Oh Ya .. Kabel Hall Sensor ini sepertinya terjepit ketika mixer digunakan , karena terletak pada bagian engsel buka /tutup mixer. Sehungga pemasangan selanjutnya di atur supaya tidak terjepit lagi. 

Akhirnya Stand Mixer nya sudah kembali Normal , dan acara bikin kue nya bisa di lanjut lagi ..........


terimakasih , Salam ............

Berikut Videonya 






Post a Comment for "Ecohome Stand mixer ESM-999 Hanya Nyala 5 Detik "