Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Samsung Front Loading WF8650NHM Air Mengalir Terus

 

Saya punya Mesin Cuci Samsung Top Loading WF8650NHM  dan sudah lebih dari 10 tahun digunakan. Hari-hari terakhir ini ada sedikit kendala , mulai cucian yang kurang kering selesai nyuci , dan puncaknya kemaren, Air Mengalir Terus dan pintunya gak bisa di buka ketika selesai .

Searching di google dapat informasi bahwa kerusakan tersebut disebabkan oleh selenoid pada input aliran air On terus . dan kerusakan biasanya pada bagian TRIAC untuk  switch selenoid. akhirnya saya memutuskan untuk mencoba service sendiri . Walaupun saya kerja di bidang elektronik , namun untuk memperbaiki Mesin cuci baru kali ini , ini pun mesin cuci milik saya sendiri.

Pembongkaran di mulai dan cek satu persatu bagian yang mungkin ada masalah , sampai akhirnya saya bongkar board untuk cek TRIAC dan komponen lain disekitarnya . 


Pengecekan TRIAC saya lakukan dengan melepasnya dari board untuk memastikan rusak apa tidak . Hasil pegukuran menunjukkan bahwa komponen tersebut sedang baik-baik saja . Lanjut cek Jalur yang terhubung ke Triac sebagai trigger on/off ... hanya ada Resistor 680ohm yang terhubung ke IC controlnya .

Dari penelusuran ini saya menemukan beberapa solderan dan Jumper yang berkarat . Tanpa pikir panjang langsung di bersikan dengan thinner dan bantuan sikat . Jumper dari kawat yang sudah karat parah ganti dengan bekas kaki resistor . selain itu beberapa titik yang terlihat solderannya kurang bagus saya solder ulang .


Alhamdulillah saya test semua berjalan Baik , saat di Pause air mau berhenti dan sampai akhir cucian pintu langsung membuka otomatis,  airnya juga berhenti .

Dari Kasus tersebut bisa disimpulkan bahwa Air mengalir terus menerus dikarenakan informasi dari control tidak sampai ke Triac . sehingga Selenoid nyala terus . sempat curiga rusak pada sensor water levelnya juga 

Terimakasih ...semoga bermanfaat

Video 







Post a Comment for "Samsung Front Loading WF8650NHM Air Mengalir Terus"