Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

How to make a bitx trifillar coil - membuat lilitan bitx

Lilitan Trifillar Bitx merupakan komponen yang sangat penting dalam kita merakit Transceiver Bitx . Pada Bitx Multiband hanya butuh 3 saja. Yaitu 2 untuk Balance Mixer Dan 1 lagi pada Balance Modulator. Jika menggunakan ADE-1 , Maka hanya satu saja yang kita buat untuk bagian Balance Modulator. Untuk Lilitan BPF menggunakan Fix Inductor 0401 sehingga kita tidak repot membuatnya.


Bahan yang diperlukan hanya Ferit Cincin diameter 10mm dan kawat email 0.4mm panjang sekitar 18cm sebanyak 3 helai. Penggunaan ferit tidak terlalu kritis , bisa anda coba sesuai stock , apakah itu ferit bekas lampu atau yang lainnya bisa di bandingkan hasilnya . Jumlah lilitan bisa dicoba 5 -10 lilit menyesuaikan ferit yang di gunakan, arah lilitan searah atau berlawanan jarum jam tidak masalah . Kawat digulung bersamaan dan disejajarkan ujung-ujungnya. Kawat boleh diplintir atau tidak , dan menurut saya sama saja hasilnya .. Silakan cek di gambar dan Video yang saya sertakan .


Untuk Pemasangan silakan perhatikan Skema dan letak pada Pcb harus sesuai , jangan lupa untuk kupas lapisan email pada tiap-tiap ujung kawatnya agar penyolderan  mudah, dan di test dulu dengan Avometer apakah sudah sesuai.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ... jika ada pertanyaan silakan  tinggalkan di kolom Komentar...


 


Post a Comment for "How to make a bitx trifillar coil - membuat lilitan bitx"