Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merakit Power Class D 900Watt 2X IRFP250

Banyaknya postingan di medsos tentang Power Amplifier Class D membuat saya penasaran juga untuk mencoba merakitnya,  sekedar buat mendengarkan musik di Ruang kerja saya. Dari beberapa produk yang di jual di marketplace , akhirnya saya putuskan untuk membeli kitnya yang belum tersolder yaitu Power Class D 900Watt 2X IRFP250. dari Reveiwnya cukup baik dan mudah merakitnya .

Merakit Power Amplifier Class D baru ini saya lakukan , kalau power type lain sudah gak asing lagi, cukup membuat penasaran untuk segera merakitnya. Pemesanan di online shop kali ini ternyata respon dari penjualnya kurang cepat ya , baru dikirim 2 hari kemudian setelah proses pembayaran dan tiba di tempat saya 3 hari jadi makan waktu 5 hari kerja .

Paket tiba langsung unboxing , semua komponen komplit dan pcb sudah double layer, hanya kit ini ternyata gak di sertakan Skematik Diagramnya ,sehingga kalau yang pemula dalam hal solder-menyolder mungkin agak kesulitan . Ada beberapa komponen yang gak sama nilainya dengan yang tertulis di PCB . Perakitan akhirnya mengacu pada foto kit yang sudah jadi .

Perakitan berjalan lancar dan harus bolak balik cek foto yang sudah jadi agar tidak salah pasang . Hasil test pada speaker ACR Fullrange 2X 8inch 4Ohm dan Power Supply dari jenis SMPS Half Bridge 1500watt (80V CT) cukup baik suara yang dihasilkan . Input Audio ambil dari souncard PC dengan Voice Meteer Banana sebagai virtual mixernya.

Dari beberapa hari menggunakan , Amplifier ini cukup mumpuni , Final Mosfet IRFP250 tidak terlalu panas, tentunya dengan kipas kecil di sampingnya . Pernah test juga untuk acara Tahlilan dengan tambahan Mixer Aslhey suara mid dan High terdengar sempurna pada speaker fullrange ACR saya .

Semoga bermanfaat dan selamat berexperiment.

Berhasil dirakit , langsung bunyi 




Post a Comment for "Merakit Power Class D 900Watt 2X IRFP250"